Membangun Komunikasi Efektif dalam Tim


Komunikasi akan berhasil ketika pesan yang disampaikan oleh komunikator bisa diterima dengan baik oleh komunikan. Oleh karena itu, untuk  bisa membangun komunikasi yang efektif dalam tim, tentu kami harus memahami anggota tim terlebih dahulu. Sebelum dapat melangsungkan komunikasi yang efektif, antaranggota tim harus saling memahami. Dengan saling memahami, setiap anggota tim akan lebih memperhatikan cara berkomunikasinya agar bisa menyampaikan pesan secara efektif.

 

Ketika antaranggota tim sudah saling memahami baru bisa dilangsungkan komunikasi untuk membahas persiapan diseminasi di hadapan pimpinan birokrat dinas pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan materi dengan cara membagi tugas kepada anggota tim.Tidak lupa untuk terus mengkomunikasikan setiap tindakan agar tidak terjadi gangguan komunikasi (miss communication). Setelah materi siap, perlu disusun pula strategi diseminasinya. Di dalam hal ini, harus dibagi siapa yang akan menjadi komunikator utama dan moderatornya. Dengan pembagian tugas yang jelas dan tersepakati, maka proses diseminasi pun akan berjalan dengan lancar.

 

Di dalam setiap komunikasi, baik dengan tim maupun ketika diseminasi kepada pimpinan birokrat dan pemangku kepentingan lainnya harus diperhatikan etika dan mendasarkan komunikasi pada REACH (respect, emphaty, audible, clarity, and humble).


Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#merdekabelajar #nadiemmakarim #pembaTIK2020 #merdekabelajar #tributetohendriwidiatmoko #guruberbagi #gurupenggerak

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama